PROPOSAL
UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA PRODUKSI IKLAN
LAYANAN MASYARAKAT
“CEGAH HOAX DILINGKUNGAN SEKOLAH”
DISUSUN
OLEH
NAMA : YUNI NUR AINI
NISN :
10244/072.067
BIDANG KEAHLIAN :
TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
PROGRAM KEAHLIAN :
TEKNIK KOMPUTER DAN
INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN : MULTIMEDIA
PEMERINTAH PROVINSI JAWA
TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1
KRAKSAAN
Jl. Tenis No. 10 Telp./Fax. (0335) 841306 Email: pkl@smkn1kraksan.sch.id
PROBOLINGGO 67282
TAHUN 2019/2020
1
KATA
PENGANTAR
Dengan
mengucap syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat dan karunianya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan proposal
Ujian Kompetensi Keahlian Multimedia dengan baik dan benar.
Penyusun proposal Ujian Kompetensi
Keahlian Multimedia ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti praktek Ujian
Kompetensi Keahlian (UKK) dan Ujian Nasionak (UN) tahun ajaran 2019/2020 dan
laporan ini juga sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan
proposal rencana pembuatan IKLAN LAYANAN MASYARAKAT yang telah saya buat yang
tema” CEGAH HOAX DISEKOLA” yang berjudul “ HOAX ITU MENYAKITKAN”. Proposal ini
dapat diselesaikan dengan adanya bantuan
dari pihak narasumber, crew, serta pemateri oleh karena itu saya mengucapkan
banyak terima kasih kepada:
1.
Bapak Drs. Abdul Rofi, selaku kepala SMK
NEGERI 1 KRAKSAAN
2.
Bapak Didik Hariyanto, S.Kom selaku KAPROGLI
TI
3.
Ibu Dewi Wahyuning H, M.pd selaku KAKOMLI
MULTIMEDIA
4.
Bapak Syarifuddin, S.Kom selaku pemateri
disekolah
5.
Bapak Yoyok Ismindar, S.Kom selaku pemateri
disekolah
6.
Ibu Badriatul Masruroh, S.Kom selaku pemateri
disekolah
7.
Bapak Dan Ibu guru SMK NEGERI 1 KRAKSAAN
8.
Staf Dan Karyawan SMK
NEGERI 1 KRAKSAAN
9.
Ayah Dan Ibu selaku Orang Tua yang mendukung
kami
10. Semua
pihak yang telah membantu dalam proses Ujian Kompetensi Keahlian (UKK)
Penyusun
YUNI NUR AINI
2
LEMBAR
PENGESAHAN
Kraksaan,09
januari 2020
Pembimbing, penyusun,
Dewi Wahyuning H,M.pd Yuni
Nur Aini
NIP: -
Kakomli MM
Kaprogli TI
Dewi
Wahyuning H,M.pd A.Zamroni
S.Kom
NIP: - NIP: -
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1
Kraksaan
Drs.ABDUL
Rofi
NIP.
19601011198703 1 007
3
DAFTAR ISI
COVER ..................................................................................................................................1
KATA PENGANTAR...............................................................................................................2
LEMBAR PENGESAHAN
......................................................................................................3
|
|
DAFTAR ISI
…………………………………………………………………..................................4
|
|
BAB I
PENDAHULUAN...........................................................................................................5
|
|
1.1
Latar Belakang
1.2
Tujuan
1.3
Manfaat
BAB II LANDASAN
TEORI…………………………………………………………………………6
2.1 Pengertian Multimedia
2.2 Teknik Pengambilan Gambar
2.3 Aplikasi Yang
Digunakan
2.4 Lain – lain
BAB III KEBUTUHAN ALAT DAN
BAHAN……………………………………………………….7
3.1 Alat dan Bahan
3.2 Sinopsis
3.3 Storyboard
3.4
Skenario/Naskah
BAB IV
PENUTUP…………………………………………………………………………………….8
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
|
|
4
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sesuai dengan
peraturan pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 pasal 64 bahwa penilaian hasil
oleh pendidik harus dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses,
kemajuan dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan kelas yang akan di
pergunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses belajar
Pada pembalajaran di sekolah menengah kejuruan struktur kurikulum yang
digunakan mencakup aspek kognitif dan psikomotorik yang meliputi pula aspek
efektif, maka Ujian Nasional Kompetensi Keahlian dirancang dalam bentuk ujian
teori kejuruan (Indifidual Task) dalam bentuk ujian teori kejuruan
(Indifidual Task) melalui bentuk ujian tersebut diharapkan dapat menjamin
terselenggaranya system penilaian berbasis kompetensi (Competensy-Based-Assesment) yang lebih asas, dan pada gilirannya
dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang berbasis kompetensi /
produksi.
SMKN 1 Kraksaan dengan kelompok
bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Multimedia (MM) akan melaksanakan
Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang
diikuti oleh kelas XII semester 6. Penulis sebagai siswa program Kopetensi
Keahlian Multimedia program ujian kompetensi studi Multimedia ini yang
diselenggarakan oleh Badan Standart Nasiaonal pendidikan diberikan 4 pilihan
untuk dijadikan seperti Iklan Layanan Masyarakat, Animasi, Multimedia
Interaktif, dan poster.
Sebagai contoh saya memilih
membuat Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang bertema Cegah Hoaks Dilingkungan
Sekolah yang berjudul Hoaks Itu Menyakitkan. Dalam membuat Iklan Layanan
Masyarakat ini akan membantu menyadarkan siswa.
1.2 Tujuan
1. Menambah
wawasan siswa terhadapberita bohong/hoax
2. Meningkatkan
rasa sosial terhadap permasalahan yang ditimbulkan hoax
3. Memberikan
cara cara itu untuk mencegah permasalahan yang ditimbulkan hoax
4. Menambah
wawasan siswa untuk tidak membagi berita bohong/ hoax
1.4 Manfaat
. Kegiataan ini
agar menyadarkan siswa tentang betapa pentingnya kebenaran dan melawan berita hoax
. Secara
khusus iklan layanan masyarakat ini akan menambah wawasan siswa untuk peduli
dengan permasalahan yang terjadi disekolah
|
|
5
BAB
II
LANDASAN TEORI
2.1.
Pengertian
Multimedia
Multimedia berasal dari pada kata “multi”
dan “media”. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat
yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Jadi berdasarkan kata “multimedia”
dapat dirumuskan sebagaiwadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian
didefinisikan sebagai elemen – elemen pembentukan multimedia. Elemen – elem
tersebut seperti teks, suara, gambar, animasi, audio dan video. Multimedia
merupakan suatu konsep dan teknologi baru dibidang teknologi informasi, dimana
informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video di satukan dalam
computer untuk disimpan, diproses dan disajikan baik secara linear maupun
interaktif. Oleh karena itu, dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia
tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh
indera penglihatan dan pendengaran.
Multimedia sering digunakan dalam dunia
informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia
game, dan juga untuk membuat website. Multimedia juga dimanfaatka dalam dunia
pendidikan, multimedia digunakan digunakan sebagai pengajaran, baik dalam kelas
maupun sendiri – sendiri. Di dunia bisnis multimedia digunakan sebagai media
profil perusahaan, profil produk bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan
e-learning.
2.2.
Teknik
pengambilan gambar
Ada beberapa teknik untuk pengambilan
gambar kamera atau video, yakni sebagai berikut:
a.
ELS
(Extreme Long Shot)
Shot
sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang lebih luas, kamera mengambil
keseluruhan pandangan
b.
LS
(Long Shot)
Shot
yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dibandingkan dengan ELS,
objek masi didomenasi oleh latar belakang yang lebih luas.
c.
MLS
(Medium Long Shot)
Shot
yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dari pada Long shot, objek
manusia biasanya ditampilkan dari atas lutut sampai diatas kepala.
d.
MS
(Medium Shot)
Pengambilan
gambar sebatas kepala hingga pinggang. Fungsinya memperlihatkan sosok objek
secara jelas.
e.
MCU
(Medium Close Up)
Gambar
yang diambil sebatas dari ujung kepala hingga dad, fungsinya untuk mempertegas
profil seseorang hingga penonton jelaas.
f.
CU
(Close Up)
Pengambilan
gambar untuk objek manusia biasanya ditampilkan wajah dari bahu sampai atas
kepala.
g.
ECU
(Extreme Close Up)
Pengambilan
gambar sangat dekat sekali, hanya menampilkan bagian tertentu pada tubuh objek.
Fungsinya untuk kedetailan objek.
h.
Kamera
Angel
Jenis
– jenis kamera Angel dalam shooting
·
High Angle
Posisi
kamera lebih tinggi dari objek sehingga tampak objek dari atas dengan memiliki
sudut pengiriman.
·
Top Angle
Posisi
kamera ada diatas objek sehingga posisi dari atas kebawah
·
Brid Eye View
Posisi
high angle tapi jarak lebih jauh
·
Low Angle
Posisi
kamera lebih rendah dari objek denagan mengambil posisi membentuk sudut miring.
·
Frog Eye
Posisi
kamera ada dibawah paha.
·
Eye Level
Pengambilan
gamabar denagan ketinggian sedang atau mendatar dengan objek.
·
Profil Shot
Sama
dengan Eye Level akan tetapi dengan posisi kemiringan atau mempunyai sudut.
·
Over Sholuder
Pengambilan
gambar dari posisi belakang punggung objek.
2.3.
Aplikasi
yang digunakan
·
Adobe Premier Pro
·
Adobe Photoshop
·
Corel Draw
2.4.
Lain
- lain
6
BAB
II
LANDASAN TEORI
2.5.
Pengertian
Multimedia
Multimedia berasal dari pada kata “multi”
dan “media”. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat
yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Jadi berdasarkan kata “multimedia”
dapat dirumuskan sebagaiwadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian
didefinisikan sebagai elemen – elemen pembentukan multimedia. Elemen – elem
tersebut seperti teks, suara, gambar, animasi, audio dan video. Multimedia
merupakan suatu konsep dan teknologi baru dibidang teknologi informasi, dimana
informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video di satukan dalam
computer untuk disimpan, diproses dan disajikan baik secara linear maupun
interaktif. Oleh karena itu, dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia
tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh
indera penglihatan dan pendengaran.
Multimedia sering digunakan dalam dunia
informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia
game, dan juga untuk membuat website. Multimedia juga dimanfaatka dalam dunia
pendidikan, multimedia digunakan digunakan sebagai pengajaran, baik dalam kelas
maupun sendiri – sendiri. Di dunia bisnis multimedia digunakan sebagai media
profil perusahaan, profil produk bahkan sebagai media kios informasi dan
pelatihan e-learning.
2.6.
Teknik
pengambilan gambar
Ada beberapa teknik untuk pengambilan
gambar kamera atau video, yakni sebagai berikut:
i.
ELS
(Extreme Long Shot)
Shot
sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang lebih luas, kamera mengambil
keseluruhan pandangan
j.
LS
(Long Shot)
Shot
yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dibandingkan dengan ELS,
objek masi didomenasi oleh latar belakang yang lebih luas.
k.
MLS
(Medium Long Shot)
Shot
yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dari pada Long shot, objek
manusia biasanya ditampilkan dari atas lutut sampai diatas kepala.
l.
MS
(Medium Shot)
Pengambilan
gambar sebatas kepala hingga pinggang. Fungsinya memperlihatkan sosok objek
secara jelas.
m. MCU (Medium Close Up)
Gambar
yang diambil sebatas dari ujung kepala hingga dad, fungsinya untuk mempertegas
profil seseorang hingga penonton jelaas.
n.
CU
(Close Up)
Pengambilan
gambar untuk objek manusia biasanya ditampilkan wajah dari bahu sampai atas
kepala.
o.
ECU
(Extreme Close Up)
Pengambilan
gambar sangat dekat sekali, hanya menampilkan bagian tertentu pada tubuh objek.
Fungsinya untuk kedetailan objek.
p.
Kamera
Angel
Jenis
– jenis kamera Angel dalam shooting
·
High Angle
Posisi
kamera lebih tinggi dari objek sehingga tampak objek dari atas dengan memiliki
sudut pengiriman.
·
Top Angle
Posisi
kamera ada diatas objek sehingga posisi dari atas kebawah
·
Brid Eye View
Posisi
high angle tapi jarak lebih jauh
·
Low Angle
Posisi
kamera lebih rendah dari objek denagan mengambil posisi membentuk sudut miring.
·
Frog Eye
Posisi
kamera ada dibawah paha.
·
Eye Level
Pengambilan
gamabar denagan ketinggian sedang atau mendatar dengan objek.
·
Profil Shot
Sama
dengan Eye Level akan tetapi dengan posisi kemiringan atau mempunyai sudut.
·
Over Sholuder
Pengambilan
gambar dari posisi belakang punggung objek.
2.7.
Aplikasi
yang digunakan
·
Adobe Premier Pro
·
Adobe Photoshop
·
Corel Draw
2.8.
Lain
- lain
BAB III
KEBUTUHAN ALAT DAN
BAHAN
3.1. Alat Dan Bahan
No.
|
Nama
Alat/Komponen/Bahan
|
Spesifikasi Minimal
|
Alat
|
||
1.
|
Komputer
|
·
Processor :
Core 1 3 2, 4 GHz atau lebih tinggi
·
RAM : 2 GB atau
lebih
·
Keyboard
·
Mouse
·
Monitor 15” LCD
atau yang sesuai
|
2.
|
Headset / Earphone
|
Standart multimedia
|
3.
|
Print Warna
|
Injek Printer
|
4.
|
Digital Kamera
|
8 MPx
|
5.
|
Video Kamera
|
Mini DV / DVD / RW / DSLR / HD/ FULL
HD
|
6.
|
Tripod
|
Sesuai kebutuhan
|
Komponen
|
||
1.
|
Operating System
|
Minimal Windows 7 Home Basic atau Home Premium
|
2.
|
Sofware Digital Imaging
|
Sofware Digital Imaging Berbasis
Bitmap
|
3.
|
Sofware Digital Audio
|
Sofware Editing Video
|
4.
|
Sofware Digital Ilustarsi
|
Sofware Digital Imaging Berbasis
Vektor
|
5.
|
Sofware Digital Video
|
Sofware Editing Video
|
6.
|
Safware Cover Design
|
Label Marker atau sejenisnya
|
7.
|
Deriver Phiperal
|
Sesuai erk
|
8.
|
Sofware lainnya yang diperlukan
|
Sesuai kebutuhan
|
Bahan
|
||
1.
|
DVD Kosong
|
DVDR
|
2.
|
Cover
|
Cover dalam, ditempel
|
3.
|
Ink
Jet Paper/Paper matte Cover Luar Kertas Cover CD/DVD Case
|
CoverLuar
|
4.
|
Cover Case
|
Standart
|
7
3.2. Sinopsis
Ada 2 orang anak diantaranya Budi dan Yanto budi seorang anak yang
pemalas, suka nipu, sedangkan temannya yanto ngikut budi. Pada suatu hari
minggu, mereka berkumpul ditaman sembari libur, budi berniat untuk mennipu
teman-teman kelasnya memberikan kabar burung digrup wanya, bahwasannya sekolah
libur 1 hari lagi, tapi yanto melarangnya tapi budi tetap melakukannya,
akhirnya semua teman-temannya mengikuti budi tidak masuk sekolah. Keesokan
harinya guru masuk dikelas budi tidak ada orang, akhirnya dilaporkan kpd
walikelas, keesokan harinya budi dan teman-teman kelasnya dihukum dilapangan
sekolah, dan ditertawain oleh kelas lain, akan tetapi teman-teman kelas budi
baik hati memaafkan budi. Akhirnya budi menyesal atas perbuatannya.
3.3. storyboard
SCENE
|
SQUENCE
|
VISUAL
|
NASKAH
|
01
|
1
|
Deskripsi:
Ext.TAMAN DAY SIANG HARI Budi dan yanto duduk
ditaman, yanto sibuk bermain gamenya dan budi. Kamera: medium
Shot Durasi:
|
|
02
|
1
|
Deskripsi:
Ext. DEPAN KELAS DAY SIANG
HARI Masuk kelas dan
melihat kelas kosong lalu dia menggeleng kepalanya Kamera: full shot Durasi:
|
|
03
|
1
|
Deskripsi:
INT. KANTOR DAY SIANG HARI Berbincang
dengan wali kelas budi dan beliau bersalaman dan meninggalkan wali kelass
budi. Kamera:medium shot Durasi:
|
|
04
|
1
|
Deskripsi:
Ext. LAPANGAN DAY
SIANG HARI Keesokan
harinya budi dan teman teman kelasnya dihukum dilapangan. Kamera:
wide shot Durasi
|
3.4. Skenario
atau Naskah
Hoax Itu Menyakitkan
Scene 1
Ext.TAMAN-DAY
Budi dan Yanto duduk di taman,Yanto yang sibuk
bermain gamenya dan Budi
Yanto
Sibuk bermain gamenya
Budi
(gabut) Yan,besok udah masuk males nih
Yanto
Ye gak usah masuk,gitu aja ribet
Budi
eh yan,gimana kalau kita gak masuk
berjama’ah?
Yanto
Jangan dosa tau
Budi
Udah kamu diem aja,sekalian ngerjain anak-anak
kapan lagi? Kan udah mau lulus
Yanto
Ya udah aku ngikut aja
Scrunsuttan video WA grup pesannya:
Budi
(pesan diterusskan) Besok sekolah libur lagi gays
Fifi:
eh beneran?
Budi
Iya beneran itu dari WAKA sekolah
Riko
Weh….rebahan lagi nih
Deni
Liburan lagi kuyy
Lifa
Yeee..,besok libur
Dila
Yesssssss
Fadil
Tidur lagii gaysss
Budi tertawa lepas karena rencananya telah
berhasil
Scene2
EXT.DEPAN
KELAS-DAY
Bu Dina
masuk kelas Budi dan melihat kelas kosong
lalu dia menggeleng kepalanya
Scene3
INT.KANTOR-DAY
Bu dina
Berbincang dengan wali kelas budi dan beliau bersalaman dan meninggalkan wali kelas Budi
Wali kelas Budi
Menggeleng-geleng kepala
Scene4
EXT.LAPANGAN-DAY
Keesokan harinya Budi dan teman-teman kelasnya
di hukum lari lapangan.
AK dan temannya
tertawa kecil dan berbisik kecil
TKJ
Uyy dihukum
Budi
Melihat ejekan itu lalu di hampiri Riko
Riko
Udah gak papa,santai aja
Fifi
Memang seru apa-apa bersama, tapi ada waktunya
sendiri
Budi
Hanya mengangguk
Riko dan Fifi
Meneruskan hukuman larinya.
Budi dan teman kelasnya lalu mendapatkan hukuman yang kedua yaitu hormat
bendera,
Budi
Merasa menyesal Budi menoleh ketemannya temannya
karena merasa iba melihat teman kelasnya dihukum
Akan tetapi mereka ikhlas menjalani hukuman tersebut,mereka pun tersenyum.
End
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Menampilkan sebuah karya yang baik dan dapat diterima oleh orang
lain tidak semudah orang bayangkan, kita memerlukan kerjasama yang baik untuk
mengerjakannya. Banysk pengetshuan yang dapat diambil dan dimanfaatkan
selanjutnya.
4.2. Saran
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan film ini masih jauh dari
kesempurnaan, dikarenakan keterbatasan ilmu pengetahuan yang kami miliki, untuk
kritik dan saran yang bersifat membangun, sangat kami butuhkan untuk
pengembangan ilmu kami dikemudian hari.
8
Komentar
Posting Komentar