PROPOSAL
UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
“CEGAH HOAX DILINGKUNGAN SEKOLAH”


 




DISUSUN OLEH

NAMA                                           : YUNI NUR AINI
NISN                                             : 10244/072.067
BIDANG KEAHLIAN                 : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM KEAHLIAN            : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN      : MULTIMEDIA
                                             



PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1
KRAKSAAN
Jl. Tenis  No. 10 Telp./Fax. (0335) 841306 Email: pkl@smkn1kraksan.sch.id
PROBOLINGGO 67282



TAHUN 2019/2020

1
                   KATA PENGANTAR
           Dengan mengucap syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah     memberikan rahmat dan karunianya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan   proposal Ujian Kompetensi Keahlian Multimedia dengan baik dan benar.
           Penyusun proposal Ujian Kompetensi Keahlian Multimedia ini adalah salah satu   syarat untuk mengikuti praktek Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dan Ujian Nasionak (UN)   tahun ajaran 2019/2020 dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan proposal rencana pembuatan IKLAN LAYANAN MASYARAKAT yang telah saya buat yang tema” CEGAH HOAX DISEKOLA” yang berjudul “ HOAX ITU MENYAKITKAN”. Proposal ini dapat diselesaikan  dengan adanya bantuan dari pihak narasumber, crew, serta pemateri oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada:

1.    Bapak Drs. Abdul Rofi, selaku kepala SMK NEGERI 1 KRAKSAAN
2.    Bapak Didik Hariyanto, S.Kom selaku KAPROGLI TI
3.    Ibu Dewi Wahyuning H, M.pd selaku KAKOMLI MULTIMEDIA
4.    Bapak Syarifuddin, S.Kom selaku pemateri disekolah
5.    Bapak Yoyok Ismindar, S.Kom selaku pemateri disekolah
6.    Ibu Badriatul Masruroh, S.Kom selaku pemateri disekolah
7.    Bapak Dan Ibu guru SMK NEGERI 1 KRAKSAAN
8.    Staf Dan Karyawan  SMK  NEGERI 1 KRAKSAAN
9.    Ayah Dan Ibu selaku Orang Tua yang mendukung kami
10. Semua pihak yang telah membantu dalam proses Ujian Kompetensi Keahlian (UKK)





                                                                                                           Penyusun



                                                                                                       YUNI NUR AINI 





2
LEMBAR PENGESAHAN

                                                                   Kraksaan,09 januari 2020

           Pembimbing,                                               penyusun,                                                                                         
                                                                            



   Dewi Wahyuning H,M.pd                                 Yuni Nur Aini
NIP: -

            Kakomli MM                                                    Kaprogli TI




Dewi Wahyuning H,M.pd                                            A.Zamroni S.Kom
NIP: -                                                                                     NIP: -

Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1
Kraksaan




Drs.ABDUL Rofi
NIP. 19601011198703 1 007



3
DAFTAR ISI


COVER ..................................................................................................................................1
KATA PENGANTAR...............................................................................................................2          
LEMBAR PENGESAHAN ......................................................................................................3                 


DAFTAR ISI …………………………………………………………………..................................4  
      

BAB I PENDAHULUAN...........................................................................................................5

1.1     Latar Belakang
1.2     Tujuan
1.3     Manfaat

   BAB II LANDASAN TEORI…………………………………………………………………………6
              2.1  Pengertian Multimedia
              2.2  Teknik Pengambilan Gambar
              2.3 Aplikasi Yang Digunakan
              2.4 Lain – lain

     BAB III KEBUTUHAN ALAT DAN BAHAN……………………………………………………….7
             3.1  Alat dan Bahan
             3.2  Sinopsis
             3.3  Storyboard
             3.4 Skenario/Naskah

    BAB IV PENUTUP…………………………………………………………………………………….8
            4.1  Kesimpulan
            4.2  Saran









4 BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
           Sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 pasal 64 bahwa penilaian hasil oleh pendidik harus dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan kelas yang akan di pergunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses belajar
           Pada pembalajaran di sekolah menengah kejuruan struktur kurikulum yang digunakan mencakup aspek kognitif dan psikomotorik yang meliputi pula aspek efektif, maka Ujian Nasional Kompetensi Keahlian dirancang dalam bentuk ujian teori kejuruan (Indifidual Task) dalam bentuk ujian teori kejuruan (Indifidual Task) melalui bentuk ujian tersebut diharapkan dapat menjamin terselenggaranya system penilaian berbasis kompetensi (Competensy-Based-Assesment) yang lebih asas, dan pada gilirannya dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang berbasis kompetensi / produksi.
            SMKN 1 Kraksaan dengan kelompok bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer Jaringan  (TKJ) dan Multimedia (MM) akan melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian  (UKK) yang diikuti oleh kelas XII semester 6. Penulis sebagai siswa program Kopetensi Keahlian Multimedia program ujian kompetensi studi Multimedia ini yang diselenggarakan oleh Badan Standart Nasiaonal pendidikan diberikan 4 pilihan untuk dijadikan seperti Iklan Layanan Masyarakat, Animasi, Multimedia Interaktif, dan poster.
            Sebagai contoh saya memilih membuat Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang bertema Cegah Hoaks Dilingkungan Sekolah yang berjudul Hoaks Itu Menyakitkan. Dalam membuat Iklan Layanan Masyarakat ini akan membantu menyadarkan siswa.

1.2   Tujuan
1.      Menambah wawasan siswa terhadapberita bohong/hoax
2.      Meningkatkan rasa sosial terhadap permasalahan yang ditimbulkan hoax
3.      Memberikan cara cara itu untuk mencegah permasalahan yang ditimbulkan hoax
4.      Menambah wawasan siswa untuk tidak membagi berita bohong/ hoax

1.4  Manfaat
         . Kegiataan ini agar menyadarkan siswa tentang betapa pentingnya    kebenaran dan melawan berita hoax
           . Secara khusus iklan layanan masyarakat ini akan menambah wawasan siswa untuk peduli dengan permasalahan yang terjadi disekolah



         

















5


                                    BAB II
                          LANDASAN TEORI
2.1.    Pengertian Multimedia

    Multimedia berasal dari pada kata “multi” dan “media”. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Jadi berdasarkan kata “multimedia” dapat dirumuskan sebagaiwadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen – elemen pembentukan multimedia. Elemen – elem tersebut seperti teks, suara, gambar, animasi, audio dan video. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru dibidang teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video di satukan dalam computer untuk disimpan, diproses dan disajikan baik secara linear maupun interaktif. Oleh karena itu, dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran.

      Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website. Multimedia juga dimanfaatka dalam dunia pendidikan, multimedia digunakan digunakan sebagai pengajaran, baik dalam kelas maupun sendiri – sendiri. Di dunia bisnis multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan e-learning.

2.2.    Teknik pengambilan gambar
Ada beberapa teknik untuk pengambilan gambar kamera atau video, yakni sebagai berikut:

a.   ELS (Extreme Long Shot)
Shot sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang lebih luas, kamera mengambil keseluruhan pandangan
b.   LS (Long Shot)
Shot yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dibandingkan dengan ELS, objek masi didomenasi oleh latar belakang yang lebih luas.

c.   MLS (Medium Long Shot)
Shot yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dari pada Long shot, objek manusia biasanya ditampilkan dari atas lutut sampai diatas kepala.

d.   MS (Medium Shot)
Pengambilan gambar sebatas kepala hingga pinggang. Fungsinya memperlihatkan sosok objek secara jelas.

e.   MCU (Medium Close Up)
Gambar yang diambil sebatas dari ujung kepala hingga dad, fungsinya untuk mempertegas profil seseorang hingga penonton jelaas.

f.     CU (Close Up)
Pengambilan gambar untuk objek manusia biasanya ditampilkan wajah dari bahu sampai atas kepala.

g.   ECU (Extreme Close Up)
Pengambilan gambar sangat dekat sekali, hanya menampilkan bagian tertentu pada tubuh objek. Fungsinya untuk kedetailan objek.

h.   Kamera Angel
Jenis – jenis kamera Angel dalam shooting
·        High Angle
Posisi kamera lebih tinggi dari objek sehingga tampak objek dari atas dengan memiliki sudut pengiriman.

·        Top Angle
Posisi kamera ada diatas objek sehingga posisi dari atas kebawah
·        Brid Eye View
Posisi high angle tapi jarak lebih jauh

·        Low Angle
Posisi kamera lebih rendah dari objek denagan mengambil posisi membentuk sudut miring.

·        Frog Eye
Posisi kamera ada dibawah paha.

·        Eye Level
Pengambilan gamabar denagan ketinggian sedang atau mendatar dengan objek.

·        Profil Shot
Sama dengan Eye Level akan tetapi dengan posisi kemiringan atau mempunyai sudut.

·        Over Sholuder
Pengambilan gambar dari posisi belakang punggung objek.

2.3.    Aplikasi yang digunakan
·        Adobe Premier Pro
·        Adobe Photoshop
·        Corel Draw

2.4.   Lain - lain




6
                                    BAB II
                          LANDASAN TEORI
2.5.    Pengertian Multimedia

    Multimedia berasal dari pada kata “multi” dan “media”. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Jadi berdasarkan kata “multimedia” dapat dirumuskan sebagaiwadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen – elemen pembentukan multimedia. Elemen – elem tersebut seperti teks, suara, gambar, animasi, audio dan video. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru dibidang teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video di satukan dalam computer untuk disimpan, diproses dan disajikan baik secara linear maupun interaktif. Oleh karena itu, dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran.

      Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website. Multimedia juga dimanfaatka dalam dunia pendidikan, multimedia digunakan digunakan sebagai pengajaran, baik dalam kelas maupun sendiri – sendiri. Di dunia bisnis multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan e-learning.

2.6.    Teknik pengambilan gambar
Ada beberapa teknik untuk pengambilan gambar kamera atau video, yakni sebagai berikut:

i.     ELS (Extreme Long Shot)
Shot sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang lebih luas, kamera mengambil keseluruhan pandangan
j.     LS (Long Shot)
Shot yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dibandingkan dengan ELS, objek masi didomenasi oleh latar belakang yang lebih luas.

k.   MLS (Medium Long Shot)
Shot yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dari pada Long shot, objek manusia biasanya ditampilkan dari atas lutut sampai diatas kepala.

l.     MS (Medium Shot)
Pengambilan gambar sebatas kepala hingga pinggang. Fungsinya memperlihatkan sosok objek secara jelas.

m. MCU (Medium Close Up)
Gambar yang diambil sebatas dari ujung kepala hingga dad, fungsinya untuk mempertegas profil seseorang hingga penonton jelaas.

n.   CU (Close Up)
Pengambilan gambar untuk objek manusia biasanya ditampilkan wajah dari bahu sampai atas kepala.

o.   ECU (Extreme Close Up)
Pengambilan gambar sangat dekat sekali, hanya menampilkan bagian tertentu pada tubuh objek. Fungsinya untuk kedetailan objek.

p.   Kamera Angel
Jenis – jenis kamera Angel dalam shooting
·        High Angle
Posisi kamera lebih tinggi dari objek sehingga tampak objek dari atas dengan memiliki sudut pengiriman.

·        Top Angle
Posisi kamera ada diatas objek sehingga posisi dari atas kebawah
·        Brid Eye View
Posisi high angle tapi jarak lebih jauh

·        Low Angle
Posisi kamera lebih rendah dari objek denagan mengambil posisi membentuk sudut miring.

·        Frog Eye
Posisi kamera ada dibawah paha.

·        Eye Level
Pengambilan gamabar denagan ketinggian sedang atau mendatar dengan objek.

·        Profil Shot
Sama dengan Eye Level akan tetapi dengan posisi kemiringan atau mempunyai sudut.

·        Over Sholuder
Pengambilan gambar dari posisi belakang punggung objek.

2.7.    Aplikasi yang digunakan
·        Adobe Premier Pro
·        Adobe Photoshop
·        Corel Draw

2.8.   Lain - lain










BAB III
KEBUTUHAN ALAT DAN BAHAN
3.1. Alat Dan Bahan
No.
                     Nama
Alat/Komponen/Bahan
Spesifikasi Minimal


Alat

1.
Komputer
·       Processor : Core 1 3 2, 4 GHz atau lebih tinggi
·       RAM : 2 GB atau lebih
·       Keyboard
·       Mouse
·       Monitor 15” LCD atau yang sesuai
2.
Headset / Earphone
Standart multimedia
3.
Print Warna
Injek Printer
4.
Digital Kamera
8 MPx
5.
Video Kamera
Mini DV / DVD / RW / DSLR / HD/ FULL HD
6.
Tripod
Sesuai kebutuhan

Komponen

1.
Operating System
Minimal Windows 7 Home Basic atau Home Premium
2.
Sofware Digital Imaging
Sofware Digital Imaging Berbasis Bitmap
3.
Sofware Digital Audio
Sofware Editing Video
4.
Sofware Digital Ilustarsi
Sofware Digital Imaging Berbasis Vektor
5.
Sofware Digital Video
Sofware Editing Video
6.
Safware Cover Design
Label Marker atau sejenisnya
7.
Deriver Phiperal
Sesuai erk
8.
Sofware lainnya yang diperlukan

Sesuai kebutuhan

Bahan

1.
DVD Kosong
DVDR
2.
Cover
Cover dalam, ditempel
3.
Ink Jet Paper/Paper matte Cover Luar Kertas Cover CD/DVD Case
CoverLuar
4.
Cover Case
Standart




















7
3.2. Sinopsis
Ada 2 orang anak diantaranya Budi dan Yanto budi seorang anak yang pemalas, suka nipu, sedangkan temannya yanto ngikut budi. Pada suatu hari minggu, mereka berkumpul ditaman sembari libur, budi berniat untuk mennipu teman-teman kelasnya memberikan kabar burung digrup wanya, bahwasannya sekolah libur 1 hari lagi, tapi yanto melarangnya tapi budi tetap melakukannya, akhirnya semua teman-temannya mengikuti budi tidak masuk sekolah. Keesokan harinya guru masuk dikelas budi tidak ada orang, akhirnya dilaporkan kpd walikelas, keesokan harinya budi dan teman-teman kelasnya dihukum dilapangan sekolah, dan ditertawain oleh kelas lain, akan tetapi teman-teman kelas budi baik hati memaafkan budi. Akhirnya budi menyesal atas perbuatannya.


3.3. storyboard
SCENE
SQUENCE
VISUAL
NASKAH
01
1                  
Deskripsi: Ext.TAMAN DAY  SIANG HARI                         Budi dan yanto duduk ditaman, yanto sibuk bermain gamenya dan budi.                                   Kamera: medium Shot        Durasi:
02
1
Deskripsi: Ext. DEPAN KELAS DAY                                    SIANG HARI                    Masuk kelas dan melihat kelas kosong lalu dia menggeleng kepalanya                          Kamera: full shot                          Durasi:
03
1
Deskripsi: INT. KANTOR DAY  SIANG HARI                                Berbincang dengan wali kelas budi dan beliau bersalaman dan meninggalkan wali kelass budi.    Kamera:medium shot                    Durasi:
04
1
Deskripsi: Ext. LAPANGAN DAY                                             SIANG HARI                               Keesokan harinya budi dan teman teman kelasnya dihukum dilapangan.                                    Kamera: wide shot                        Durasi



3.4. Skenario atau Naskah

Hoax Itu Menyakitkan
Scene 1
Ext.TAMAN-DAY
Budi dan Yanto duduk di taman,Yanto yang sibuk bermain gamenya dan Budi
Yanto
Sibuk bermain gamenya

Budi
(gabut) Yan,besok udah masuk males nih

Yanto
 Ye gak usah masuk,gitu aja ribet

Budi
 eh yan,gimana kalau kita gak masuk berjama’ah?

Yanto
Jangan dosa tau

Budi
Udah kamu diem aja,sekalian ngerjain anak-anak kapan lagi? Kan udah mau lulus

Yanto
Ya udah aku ngikut aja

Scrunsuttan video WA grup pesannya:
Budi
(pesan diterusskan) Besok sekolah libur lagi gays

Fifi:
eh beneran?

Budi
Iya beneran itu dari WAKA sekolah

Riko
Weh….rebahan lagi nih

Deni
Liburan lagi kuyy

Lifa
Yeee..,besok libur

Dila
Yesssssss

Fadil
Tidur lagii gaysss

Budi tertawa lepas karena rencananya telah berhasil
Scene2
EXT.DEPAN KELAS-DAY
Bu Dina
masuk kelas Budi dan melihat kelas kosong lalu dia menggeleng kepalanya

Scene3
INT.KANTOR-DAY
Bu dina
 Berbincang dengan wali kelas budi dan beliau bersalaman dan meninggalkan wali kelas Budi

Wali kelas Budi
Menggeleng-geleng kepala
Scene4
EXT.LAPANGAN-DAY
Keesokan harinya Budi dan teman-teman kelasnya di hukum lari lapangan.
AK dan temannya
tertawa kecil dan berbisik kecil

TKJ
Uyy dihukum

Budi
Melihat ejekan itu lalu di hampiri Riko

Riko
Udah gak papa,santai aja

Fifi
Memang seru apa-apa bersama, tapi ada waktunya sendiri

Budi
Hanya mengangguk

Riko dan Fifi
Meneruskan hukuman larinya.

Budi dan teman kelasnya lalu mendapatkan hukuman yang kedua yaitu hormat bendera,
Budi
 Merasa menyesal Budi menoleh ketemannya temannya karena merasa iba melihat teman kelasnya dihukum

Akan tetapi mereka ikhlas menjalani hukuman tersebut,mereka pun tersenyum.

End










BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan
       Menampilkan sebuah karya yang baik dan dapat diterima oleh orang lain tidak semudah orang bayangkan, kita memerlukan kerjasama yang baik untuk mengerjakannya. Banysk pengetshuan yang dapat diambil dan dimanfaatkan selanjutnya.

4.2. Saran
        Kami menyadari bahwa dalam pembuatan film ini masih jauh dari kesempurnaan, dikarenakan keterbatasan ilmu pengetahuan yang kami miliki, untuk kritik dan saran yang bersifat membangun, sangat kami butuhkan untuk pengembangan ilmu kami dikemudian hari.












8

Komentar

Postingan populer dari blog ini